Kamis, 01 Maret 2012

Cara Melihat Link DoFollow atau NoFollow

Cara Melihat Link DoFollow ataunofollow
Anda mungkin pernah mendengar pentingnya untuk mendapatkan link dofollow dan menghindari link nofollow.  
Nofollow artinya link yang anda masukkan pada saat anda memberikan komentar disebuah blog tidak akan ditelusuri lebih lanjut oleh mesin pencari dalam artian anda tidak akan mendapatkan backlink dari blog tersebut, sementara kita tahu bahwa backlink merupakan salah satu unsur penting dalam peningkatan page rank.

Sedangkan Dofollow memiliki arti yang sebaliknya, dalam artian anda akan mendapatkan backlink dari komentar yang anda berikan pada sebuah blog, yah anggaplah sebagai hadiah dari sipemilik blog kepada anda karena sudah bersedia memberikan komentar yang berkualitas di blognya.
Pertanyaannya bagaimana Anda tahu apakah sebuah link adalah nofollow atau dofollow?
Ok,  cara standar untuk memeriksa link untuk nofollow: Gunakan cara "View Page Source" dari web browser Anda dan lihat kode HTMLnya   apakah nofollow atau tidak.
Berikut adalah cara melakukannya:
Pilih View Page Source dari menu
Pertama, arahkan browser web Anda ke halaman di mana link tersebut ingin Anda lihat. Kedua, mengklik tombol "
View Page Source " pada browser Anda. Di Firefox Anda tinggal  klik kanan pada setiap tempat kosong pada halaman dan pilih "View Page Source" dari menu. Di Internet Explorer 8 juga hampir sama. Anda klik kanan pada tempat kosong pada halaman dan pilih "View Source" dari menu.
Anda akan melihat halaman penuh kode sumber HTML di depan Anda. Untuk menemukan link ke halaman Anda dalam semua kode ini anda tinggal mencari url linknya. Misal jika tujuan link anda untuk www.google.com / addurl.html  kemudian mencari teks dalam kode sumber HTML tersebut. Untuk mempercepat pencarian, Anda tinggal menekan Ctrl-F.
Anda akan menemukan link yang terlihat seperti ini:
<a href="http://www.google.com/addurl.html"> Tambah URL </ a>
Atau jika itu link nofollow seharusnya terlihat seperti ini
<a href="http://www. google.com/addurl.html" rel="nofollow"> Tambah URL </ a>
Sekarang Anda dapat mengenali link nofollow dengan atribut rel = "nofollow" dalam tag link!
Nah mudahkan..,tapi masih terlalu banyak bekerja karena sangat banyak sekali link yang harus Anda pastikan bahwa itu bukan nofollow.

Berikut adalah cara untuk melakukannya dengan cepat jika Anda memiliki banyak link untuk diperiksa:
Download dan instal plugin Firefox bernama Quirk SearchStatus ( Browser Anda harus Firefox )
Setelah di instal, plugin akan muncul berupa tombol biru disebelah kanan di bar status browser Anda. Klik kanan tombol itu dan sorot "Link Nofollow " lalu centang dalam menu. .
Status pencarian akan menyoroti semua link nofollow dengan warna latar belakang merah.
Anda akan melihat bahwa beberapa link memiliki latar belakang merah.  Ini berarti link tersebut adalah nofollow.
Jika link tersebut berwarna biru ini berarti adalah link dofollow dan  ini adalah tempat yang baik untuk mendapatkan link dari situs tersebut.
Ini berarti bahwa kapan saja Anda berpikir tentang mendapatkan link dari suatu tempat, dari blog, dari sebuah direktori atau dari wikipedia, Anda dapat melihat apakah link tersebut nofollow atau dofollow, jadi Anda tidak perlu membuang lebih banyak waktu untuk  mendapatkan link nofollow yang memiliki sedikit berpengaruh pada peringkat mesin pencari.
Semoga bermanfaat...

2 komentar: